Cara Tepat Memilih Lampu belajar untuk Anak

Cara Tepat Memilih Lampu belajar untuk Anak

Penggunaan lampu belajar dapat membantu meningkatkan kualitas belajar si kecil. Ketika lampu belajar yang digunakan sebagai penerangan saat anak belajar mempunyai kualitas yang baik, maka anak dapat dengan mudah membaca buku maupun mengerjakan PR. Lain halnya ketika lampu yang digunakan berkualitas rendah, tentu anak akan kesulitan mengakses buku pelajarannya.

Lampu Belajar

Inilah mengapa Anda perlu selektif saat memilih lampu untuk meja belajar anak. Pendidikan penting untuk si kecil, sehingga memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung kegiatan belajar anak sangatlah disarankan. Agar Anda tidak salah memilih lampu belajar untuk anak, berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan.

  1. Sesuaikan model lampu dengan usia anak

Model lampu yang diminati anak usia 4-9 tahun bisa saja sangat berbeda dengan anak yang berusia 10-14 tahun. Begitupun dengan anak yang menginjak remaja 15-18 tahun. Sehingga nantinya akan dibutuhkan penggantian lampu secara berkala.

Contohnya, model lampu yang tepat untuk anak usia 4-9 tahun adalah lampu berbentuk boneka atau tokoh-tokoh kartun di televisi. Anak usia 10-14 mungkin akan lebih memilih lampu dengan sedikit pernak-pernik lucu. Sedangkan anak remaja mungkin saja lebih suka dengan model yang simple. Sebaiknya melibatkan peran anak ketika memilih lampu tersebut, sehingga anak bisa memilih mana yang paling disukai.

  1. Anak perempuan dan laki-laki memiliki selera yang berbeda

Umumnya anak perempuan suka sekali dengan item yang lucu-lucu dan cantik. Sedangkan anak laki-laki lebih suka dengan item yang terkesan gagah dan keren seperti robot maupun tokoh hero lainnya.

Namun ada beberapa model lampu belajar yang cocok digunakan anak laki-laki maupun perempuan, seperti model kartun Doraemon, Baymax, ataupun Winnie The Pooh.

  1. Memahami selera anak

Sebagai orang tua, Anda memang diharuskan untuk memahami seperti apa keinginan anak. Seperti yang sudah disinggung di atas, melibatkan anak dalam memilih lampu belajar penting untuk dilakukan. Hindari memilih lampu sesuai keinginan Anda tanpa bertanya apakah si kecil menyukainya.

Benar Anda tidak harus mengikuti semua keinginan si kecil. Namun selama lampu pilihannya masih sesuai dengan standart kualitas dan sesuai dengan usianya, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan pilihan anak.

Saat anak dilibatkan ketika memilih benda yang akan ia gunakan nantinya, maka anak akan merasa dihargai. Jadilah orang tua yang bijak dengan tetap mempertimbangkan selera anak ya!

  1. Memperhatikan kualitas lampu

Tidak hanya perlu memilih model lampu yang sesuai dengan usia anak maupun keinginan anak, kualitas lampu adalah pertimbangan utamanya. Pilihlah lampu LED yang sudah dikenal sebagai lampu berkualitas agar nantinya lampu tersebut awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Lebih dari itu lampu LED ini juga hemat engergi. Itu artinya Anda akan mendapatkan manfaat doubel. Kualitas cahaya yang terang dan hemat listrik.

Demikianlah 4 tips yang perlu diperhatikan ketika memilih lampu belajar untuk anak.  Saat kegiatan belajar anak didukung dengan lampu yang memadai, maka anak akan lebih bersemangat pada setiap jam belajarnya. Apalagi jika lampu tersebut merupakan lampu pilihannya.

Meningkatkan motivasi belajar anak harus senantiasa Anda lakukan. Motivasi belajar ini selain berasal dari diri anak sendiri, juga harus ada motivasi dari luar, terutama dari Anda sebagai orang tuanya. Dan salah satu cara untuk memotivasi si kecil agar lebih rajin belajar adalah dengan menciptakan ruang belajar yang menyenangkan dan mengesankan sehingga anak betah di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *