6 Komponen Penting pada Komputer yang Perlu Diperhatikan

Komputer merupakan perangkat elektronik yang juga sering digunakan seperti halnya smartphone. Perangkat ini kerap digunakan untuk aktivitas yang berhubungan dengan jaringan atau secara online. Harga dari perangkat komputer ini pun beragam sesuai dengan merek produk dan kapasitas RAM yang dimilikinya.

Komputer

Setiap perangkat komputer yang digunakan agar bisa berjalan dengan optimal harus ada komponen penting yang tersedia untuk mendukung proses kerjanya. Anda perlu memperhatikan komponen tersebut agar selalu dalam kondisi yang terjaga. Ini beberapa komponen penting tersebut.

  1. CPU

CPU merupakan komponen utama dari komputer yang tidak bisa diabaikan. Terutama pada bagian casing-nya yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan harddisk, power supplay, motherboard, dan CD-ROM. Anda perlu melakukan pengecekan CPU secara berkala setiap satu bulan sekali atau ketika proses kerja di monitor mulai mengalami kendala.

  1. Monitor

Bagian komponen dari komputer yang penting untuk diperhatikan berikutnya adalah monitor. Bagian ini berfungsi untuk menjadi kunci dari proses kerja yang akan dilakukan. Semua data yang akan dikerjakan baik berupa file atau pun gambar tidak akan terlihat atau dapat dikerjakan dengan baik ketika ada masalah dengan monitor.

Penting bagi Anda untuk menaruh perhatian pada komponen ini. Salah satunya dengan membersihkan bagian layar monitor secara rutin agar tidak tertumpuk debu dan tidak mengganggu kejelasan data yang ditampilkan nantinya. Jika ada masalah dengan tampilan monitor segera lakukan servis atau pemeriksaan agar masalahnya bisa segera diatasi dan tidak semakin parah.

  1. Keyboard

Keyboard yang tidak bisa ditekan atau tidak muncul di monitor saat ditekan merupakan tanda bahwa adanya kerusakan. Anda tentu sudah tahu ketika keyboard mengalami kerusakan tentu proses input tidak dapat dilakukan dengan optimal.

Lakukanlah perawatan pada bagian keyboard Anda dengan membersihkannya secara rutin agar tidak tertumpuk debu. Gunakan cover untuk melindungi keyboard dari tangan yang berminyak atau kotoran lainnya.

  1. Mouse

Tidak seperti laptop yang bisa digunakan tanpa mouse, komputer akan berjalan optimal dengan adanya mouse. Proses kerja akan menjadi lebih cepat dan tepat. Mouse ini merupakan bagian hardware yang dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel atau Anda juga bisa memilih mouse tanpa kabel. Kedua jenis mouse ini bisa digunakan di komputer jenis apa pun.

  1. RAM dan Hardisk

Ram merupakan komponen yang fungsinya untuk penyimpanan sementara saat komputer menjalankan sebuah aplikasi. Penyimpanan seutuhnya akan dilakukan pada bagian hardisk yang merupakan tempat penyimpanan semua program yang.

Penting sekali Anda untuk memperhatikan komponen ini. Salah satunya dengan menghapus data yang sudah tidak diperlukan lagi, membersihkan virus, dan juga melakukan uninstall untuk aplikasi yang tidak digunakan.

  1. Power Supply

Power Supply merupakan sebuah komponen komputer yang fungsinya untuk mengubah sebuah arus listrik bolak balik ke arus listrik yang searah. Komponen ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada perangkat lainnya. Ketika ada kondisi arus listrik di rumah yang tidak stabil, komponen ini lah yang akan melindungi komputer dari kerusakan karena arus tersebut.

Ini hanya beberapa komponen dari komputer yang sangat perlu diperhatikan. Komponen ini menjadi tiang utama agar proses kerja yang akan dilakukan dapat berjalan. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara berkala dengan manual atau pun mengandalkan teknisi. Jangan diamkan komputer atau membiarkannya begitu saja ketika terjadi masalah karena akan berisiko merusak komponen lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *