5 Tips Membuat Desain yang Menarik untuk Branding

5 Tips Membuat Desain yang Menarik untuk Branding

Branding ini bertujuan untuk meninggalkan jejak atau kesan di benak orang yang melihatnya. Tujuan akhir dari branding ini ialah agar orang-orang mengenal lalu tertarik untuk membeli produk yang dijual. Inilah mengapa desain logo tidak bisa dibuat tanpa kompetensi yang cukup. Sebab logo inilah yang nantinya akan menjadi identitas dari usaha atau bisnis yang dimiliki.

Desain

Tujuan branding ini untuk menarik perhatian pelanggan sehingga pembuatan desain logo brand yang profesional memerlukan ide serta konsep yang matang. Berikut lima tips pembuatan branding yang menarik:

1.      Mengetahui Dasar-Dasar Pembuatan Logo yang Efektif

Ketahui terlebih dahulu lima dasar pembuatan logo yang efektif. Sebuah logo harus simple, memorable, timeless, versatile, dan appropriate.

  • Simple, desain logo untuk branding harus sederhana dan mudah dikenali. Logo yang bagus dapat menonjolkan sesuatu yang tidak disangka tanpa harus terkesan berlebihan.
  • Memorable, logo yang baik mudah diingat dan dapat melekat di ingatan para pelanggan dalam sekali lihat.
  • Timeless, logo yang efektif harus bertahan lama.
  • Versatile, logo yang efektif dapat digunakan dalam berbgai medium. Untuk poin keempat ini mengharuskan logo didesain dalam format vector supaya ukurannya fleksibel.
  • Appropriate, cara penempatan logo harus sesuai dengan tujuan pembuatan brand. Contohnya apabila kamu membuat logo untuk restoran Italia maka pilihan unsur dalam logo tidak boleh jauh dari restoran Italia itu.

2.      Buat Logo Sesuai Tujuan Brand

Tetapkan tujuan brand kamu terlebih dahulu sebelum membuat logo. Perihal ini penting agar pelanggan tahu tujuan brand milikmu hanya dalam mengenali logonya saja. Pastikan logo yang kamu rancang tidak menimbulkan arti lain ketika dilihat dari sisi yang berbeda.

3.      Logo dan Brand Sebaiknya Mengandung Filosofi

Setelah tujuan brand dan konsep logo telah mata, tidak jarang pula kendala yang sering muncul dalam pembuatan desain logo yakni filosofi yang terkandung dalam logo tersebut.

Masalah ini bisa kamu selesaikan dengan menganalisis kembali tujuan brand. Sebagai contoh, kamu membuka restoran cepat saji. Maka tak ada salahnya jika kamu tambahkan ornamen sederhana dalam logo milikmu, namun berfilosofi luar biasa.

4.      Jangan Meniru Logo yang Sudah Ada

Jangan meniru, tetapi jadikan inspirasi. Originalitas sebuah logo itu penting. Perihal ini bertujuan supaya pelanggan tidak teringat produk lain selain produk milikmu. Selain itu, di negara ini terdapat undang-undang hak cipta. Apabila kamu terbukti melakukan plagiarisme, bisa saja kamu dilaporkan, terkena pasal-pasal tertentu, lantas dipenjara. Jadi, perhatikan baik-baik.

5.      Jangan Membuat Logo Berdasarkan Tren

Membuat branding logo sesuai tren yang ada hanya akan membuat logo tersebut bertahan ketika tren itu sedang in saja. Saat tren itu berganti, logo tersebut akan tampak kuno dan ketinggalan zaman. Usahakan membuat branding logo yang dapat bertahan selama mungkin tanpa harus dirancang ulang. Sebab begitu logo dirancang ulang, berarti kamu mengatur ulang ingatan masyarakat mengenai brand milikmu.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain logo brand. Pembuatan branding logo yang baik dapat membuat usaha yang dijalankan memiliki identitas yang kuat. Meskipun demikian, dalam usaha tetap harus memperhatikan segi kualitas produk dan layanan, karena logo dan brand yang luar biasa akan sia-sia bilamana produk yang ditawarkan sama sekali tidak sehebat logo dan brand yang telah dibuat.

Mengingat tujuan dan manfaat branding ini sangat penting untuk keberhasilan usaha, pastikan kamu juga mengandalkan jasa desain logo yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *