5 Tips Jadi Pemilih Cerdas Saat Pilpres 2019

5 Tips Jadi Pemilih Cerdas Saat Pilpres 2019

Pada tanggal 17 April 2019, semua masyarakat yang sudah memiliki hak pilih tentunya harus cermat ketika memilih pasangan capres. Jangan sampai Anda memilih pasangan yang salah. Ternyata juga ada beberapa tips khusus yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pemilih yang cerdas. Berikut beberapa tips menjadi pemilih cerdas saat Pilpres  2019 tahun ini.

Pilpres 2019

  1. Memberikan Atensi yang Sama Pada Isu Pileg

Saran pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjadi pemilih yang cerdas adalah mengenai atensi mengenai isu pemilu legislatif atau yang lebih dikenal dengan nama Pileg. Pasalnya ruang publik saat ini lebih didominasi oleh pembahasan perihal Pilpres. Hal ini sangat dikhawatirkan jika isu pemilihan presiden dapat mengalihkan perhatian publik tentang Pileg.

Perihal perwujudan pelayanan publik yang baik tak hanya akan dicapai dengan memilih presiden yang baik, namun juga parlemen yang baik pula agar kinerja makin maksimal. Oleh sebab itu informasi seputar calon legislatif sangat penting untuk diketahui dan dipertimbangkan.

  1. Kenali Caleg atau Pasangan Capres yang Sesuai Aspirasi Politik Pribadi

Memang bukanlah perkara yang mudah untuk dapat mengenali calon legislatif satu per satu. Namun hal ini juga jangan sampai terlupakan oleh para calon pemilih. Pasalnya mengenali calon legislatif dengan baik juga bisa memudahkan para pemilih untuk dapat mengenali caleg yang dirasa pas dan sejalan dengan aspirasi politik yang sejalan dengan Anda.

Lantas bagaimana sih cara mengetahui aspirasi politik pribadi? Caranya terbilang cukup mudah, para calon pemilih hanya perlu mengidentifikasi hal-hal yang menjadi kebutuhan pribadi dan masyarakat dalam kehidupan bernegara. Tips yang satu ini juga berlaku untuk pasangan capres dan cawapres yang akan Anda pilih.

  1. Cermati Program, Gagasan Hingga Rekam Jejak Calon

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencermati program,, gagasan hingga rekam jejak dari pasangan capres atau cawapres. Salah satu dari pasangan yang tersedia tentunya menawarkan nilai lebih yang tidak dimiliki oleh pasangan lainnya. Oleh sebab itu hal ini juga harus diimbangi dengan cara melihat rekam jejak calon capres dan cawapres.

Tak hanya program yang ditawarkan saja, namun juga harus ada realisasinya. Rekam jejak yang perlu dicermati oleh para calon pemilih meliputi kasus hukum. Dengan pesatnya kemajuan di era digital ini tentunya akan memudahkan Anda untuk menemukan rekam jejak para caleg atau pasangan capres dan cawapres yang ingin Anda ketahui.

  1. Apakah Calon Legislatif Sejalan dengan Ideologi Pribadi?

Jika cara-cara di atas masih menyulitkan Anda untuk mendapatkan solusi mengenai pasangan mana yang harus Anda pilih, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencermati caleg dan cawapres mengenai partai yang sejalan dengan ideologi pribadi Anda. Hal ini bermanfaat agar Anda mendapatkan informasi yang lebih valid.

  1. Tuntut Elite dan Aktor Politik untuk Melek Politik

Tak hanya itu saja, para elite dan aktor politik juga harus lebih bertanggung jawab secara hukum dan moral untuk memberikan pendidikan politik selama kampanye. Pasalnya hal ini akan membuktikan bahwa mereka peduli terhadap politik dan mengedukasi pemilih sehingga mereka tak hanya memberikan janji belaka tanpa disertai dengan realisasi.

Nah, di atas merupakan beberapa tips menjadi pemilih yang cerdas saat Pilpres tahun 2019 mendatang yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. Pastikan Anda jangan asal pilih capres dan cawapres. Pasalnya satu suara Anda sangat bermanfaat untuk mengubah masa depan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *