5 Kebiasaan Buruk Menggunakan Spare Part Sepeda Motor

5 Kebiasaan Buruk Menggunakan Spare Part Sepeda Motor

Menjaga kondisi spare part motor adalah sebuah kewajiban bagi pengguna sepeda motor. Jika tidak dijaga dengan baik maka sparepart bisa rusak dan berpengaruh pada performa sebuah sepeda motor. Kalau sudah rusak dan kerusakannya bertambah parah maka bisa jadi sepeda motor Anda tidak akan bisa dipakai lagi.

Spare Part

Jika Anda menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas sehari-hari, maka sangat penting untuk menjaga kondisi sepeda motor agar selalu prima. Sayangnya, banyak pengguna sepeda motor yang cuek dengan kondisi motor mereka. Bahkan banyak yang memiliki kebiasaan buruk dalam menggunakan sepeda motor dan tanpa disadari membahayakan kondisi sepeda motor.

Sebenarnya, baik buruknya kondisi sepeda motor sangat dipengaruhi oleh kebiasaan penggunanya. Jika digunakan dan dirawat dengan baik, maka sepeda motor pasti akan selalu berada dalam kondisi yang prima. Sebaliknya, jika perawatannya tidak baik bahkan cenderung salah, maka motor juga akan cepat rusak.

Kebiasaan Buruk Pengguna Motor

Setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing saat menggunakan sepeda motor. Setiap orang memiliki cara merawat sepeda motor yang berbeda-beda. Hanya saja ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan mereka menggunakan dan merawat sepeda motor ternyata salah dan malah berdampak buruk pada kondisi motor itu sendiri.

Biasanya pengguna sepeda motor cenderung fokus menggunakan motor setiap hari. Mereka seringkali tidak peduli dengan perawatan motor padahal kalau tidak dirawat maka motor juga tidak akan bisa digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Berikut adalah 5 contoh kebiasaan yang salah dalam menggunakan sepeda motor :

  1. Tidak Memanaskan Motor

Sebagian besar orang malas memanaskan mesin motor sebelum berpergian. Apalagi bagi mereka yang tergolong sibuk dan selalu dikejar oleh waktu. Karena sibuk, banyak orang tidak menyempatkan diri untuk memanasi mesin motor dan langsung membawa motor berpergian. Kebiasaan seperti ini bisa membuat performa motor menurun.

  1. Malas Melakukan Servis

Servis motor sangat penting untuk dilakukan demi menjaga performa motor Anda. Sangat dianjurkan untuk melakukan servis motor secara teratur. Servis motor sangat baik untuk dilakukan sehingga bisa tahu jika ada kerusakan pada sparepart motor Anda. Anda bisa segera melakukan tindakan yang dibutuhkan demi menjaga performa motor.

  1. Terlambat Mengganti Oli

Penggunaan oli memiliki batas waktu tertentu. Jika oli sudah lama tidak diganti maka kemampuan oli untuk melumasi bagian mesin akan berkurang dan bisa berakibat buruk. Hanya saja banyak pengguna motor yang malas untuk melakukan penggantian oli secara rutin. Akhirnya, oli tidak pernah diganti dan malah berakibat buruk dengan performa motor.

  1. Memakai Sparepart Palsu

Mungkin Anda terbiasa memakai sparepart palsu untuk motor. Memang benar bahwa suku cadang yang palsu dibanderol dengan harga yang lebih murah. Namun, walaupun lebih murah kualitasnya tidak sebagus suku cadang yang asli. Akan jauh lebih baik jika Anda tetap menggunakan suku cadang yang asli demi kebaikan motor.

  1. Tidak Segera Mengganti Ban yang Aus

Ban yang sudah aus harus segera diganti karena bisa membahayakan pengendara sepeda motor. Misalnya, ban yang alurnya sudah mulai menghilang harus diganti karena bisa menyebabkan Anda tergelincir ketika berkendara. Sayangnya banyak pengguna motor yang malas mengganti ban selama motor masih bisa berjalan seperti biasa.

Itulah tadi beberapa contoh kebiasaan buruk yang harus dihindari oleh para pengendara sepeda motor. Jika Anda menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas sehari-hari, maka penting sekali untuk melakukan perawatan yang tepat. Pastikan juga semua spare part motor yang digunakan adalah produk yang original.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *