Sebelum Daftar, Cek Syarat Membuat NPWP Ini

NPWP

Persyaratan membuat NPWP ini tidak terlalu banyak dan ribet, sehingga Anda tak perlu khawatir. Masyarakat yang sudah memiliki penghasilan dan jumlah penghasilannya masuk dalam kategori dikenai pajak maka wajib membayar pungutan negara. Jika masih pertama kalinya, wajib pajak haruslah memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak sebagai identitasnya.

Nah, NPWP ini dapat diproses secara online atau mengunjungi kantor pajak langsung. Ada beberapa persyaratan yang harus disetor dalam membuat NPWP baik online maupun offline. Inilah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, terbagi dalam tiga jenis yaitu persyaratan NPWP orang pribadi, pemilik usaha dan wanita kawin.

Syarat NPWP Orang Pribadi

Jika Anda seorang karyawan dan sumber penghasilannya hanya berasal dari profesi tersebut maka termasuk dalam kategori wajib pajak orang pribadi. Persyaratan yang diperlukan yaitu Fotokopi KTP/Paspor/Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)/Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Selain itu lampirkan pula SK PNS jika Anda pegawai pemerintah atau Keterangan Kerja jika bekerja pada suatu perusahaan. Tambahan lainnya yaitu mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan.

Syarat NPWP Pemilik Usaha

Namun, jika Anda seorang wirausahawan atau pekerja bebas yang memiliki penghasilan tidak tetap maka masuk dalam kategori ini. Persyaratan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan orang pribadi di atas namun terdapat beberapa dokumen tambahan. Persyaratan membuat NPWP pemilik usaha ialah KTP dan fotokopi Surat Keterangan Usaha minimal dari kelurahan.

Selain itu, mengisi formulir pernyataan usaha di atas materai 6000 serta mengisi formulir pendaftaran. Jika Anda ingin membuat NPWP secara offline maka pengajuan NPWP ini tidak dapat diwakilkan. Penghasilan seorang wirausaha yang sudah dilaporkan ke Kantor Pajak tidak harus dicatat dalam akuntansi UKM sebagai kewajiban yang harus dibayar karena merupakan kewajiban pemilik usaha itu sendiri.

Syarat NPWP Wanita Kawin

Anda seorang wanita karier yang sudah menikah? Ingin membayar pajak secara terpisah dengan suami? Jika iya, maka masuk dalam kategori wanita kawin yang menggunakan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta dengan suami dalam memenuhi kewajiban pajak.

Persyaratan yang dibutuhkan ialah fotokopi NPWP suami, fotokopi Kartu Keluarga, Surat Perjanjian Pemisahan Penghasilan dan Harta. Sertakan juga fotokopi SK PNS atau Surat Keterangan Kerja. Jangan lupa untuk mengisi pula formulir pendaftaran.

Persyaratan membuat NPWP sangat mudah, bukan? Kemudahan ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Terutama bagi Anda yang memiliki usaha dan penghasilannya sudah masuk dalam kategori dikenai pajak maka wajib membuat NPWP.

Nantinya akuntansi UKM pun harus dilaporkan kepada negara untuk menentukan pajak dari usaha tersebut, pastikan laporan keuangan Anda sudah valid. Jika merasa kerepotan membuat laporan yang kredibel, Anda bisa gunakan aplikasi BukuKas yang mampu membuat laporan keuangan yang valid secara otomatis. Anda cukup menginput setiap transaksi yang terjadi lalu laporan pun bisa ditampilkan dengan cepat. Tidak percaya? Buktikan sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *