Perhatikan Hal Ini Sebelum Membersihkan Filter AC

Menjaga kebersihan AC terutama bagian filter ternyata memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Membersihkan filter AC juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab jika komponen ini rusak maka seluruh komponen lain dan mesin AC menjadi tidak berfungsi dengan baik. Kebersihan AC dan juga komponen filternya memang termasuk paling penting. Apalagi jika Anda ingin agar AC Anda berusia lama. Komponen filter memang memiliki fungsi untuk menjaga supaya AC di dalam rumah tetap dingin dengan kualitas udara yang bersih. Kebersihan kualitas udara serta kesehatan udara yang dihasilkan oleh AC di rumah Anda tentunya membuat penghuni rumah menjadi lebih sehat dengan AC yang menghasilkan udara yang bersih. Terutama kesehatan untuk saluran pernafasan.

Gree Filter AC

Beberapa hal penting saat Anda akan membersihkan filter AC harus Anda perhatikan. Berikut daftarnya:

  • Pastikan Anda senantiasa membersihkan AC dalam keadaan mati. Jangan pernah biasakan membersihkan AC terutama komponen filternya jika dalam keadaan hidup dan terpasang sumber listriknya. Sebab jika Anda melakukan hal ini maka akan berbahaya untuk Anda. Selain itu komponen di dalam AC jika tidak dimatikan tetap akan mengalirkan energi listrik yang tentu saja sangat berbahaya. Jadi sebelum Anda membersihkan AC, usahakan untuk mematikan AC dan juga mencabut sumber daya listriknya demi AC yang awet dan tidak membahayakan Anda ketika Anda membersihkan AC di rumah Anda.
  • Ketahui cara benar untuk melepas dan memasang kembali filter AC sebelum Anda mulai melepas untuk Anda bersihkan. Biasanya petunjuk dan informasi ini akan ada di dalam buku petunjuk ketika Anda membeli AC. Pastikan Anda membACanya terlebih dahulu supaya saat Anda membongkarnya tidak terjadi kesalahan. Jika Anda melakukan kesalahan ketika membongkarnya maka kerusakan pada komponen ini tidak akan dapat Anda hindarkan kembali. Jadi pastikan Anda melakukan pembongkaran sesuai dengan petunjuk yang terdapat di dalam buku petunjuk AC yang Anda miliki. Sebab jika Anda salah saat membongkarnya maka kerusakan filter bisa saja terjadi dan memberikan resiko tinggi pada komponen penting lainnya.
  • Jika filter sangat kotor Anda bisa bersihkan dan cuci menggunakan sabun cuci. Namun berhati-hatilah saat mencucinya. Usahakan jika Anda mencuci dengan sabun cuci yang lembut. Setelah Anda cuci menggunakan sabun cuci, selalu bilas dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sisa sabun yang masih menempel pada filter. Setelah selesai mencuci filter, jangan lupa untuk mengeringkan filter dengan menggunakan lap yang bersih dan kering. Hingga filter benar-benar kering. Jika perlu jemur sedikit pada panas matahari untuk membuat filter benar-benar kering sempurna. Jika filternya tidak kering maka kemungkinan besar filter akan menjadi lembab dan juga muncul masalah baru yaitu jamur.

 

Menjaga kebersihan filter AC dengan cara mencucinya sebenarnya mudah saja dilakukan. Akan tetapi jika Anda salah dalam mencuci dan membersihkannya  bisa jadi saat Anda membersihkan filter tersebut justru akan membuat masalah baru pada AC Anda. Selain itu, jika Anda salah dalam proses instalasinya dan Anda lupa tidak mematikan AC maka bahayanya akan lebih tinggi. Jadi memastikan membersihkan AC yang dalam keadaan tidak teraliri arus listrik memang sangat penting untuk Anda lakukan. Bukan itu saja memastikan bahwa  AC dibersihkan dengan cara yang benar menjadi sebuah keharusan untuk Anda lakukan. Jadi AC Anda tidak akan mudah rusak dan senantiasa bersih selalu.

Jika ingin AC terbaik yang punya filter lebih sehat, sudah tentu pilihan harus jatuh ke AC Gree. Filternya miliki kerapatan 0,3mm, berakurasi tinggi, dan berbahan awet. Karena itu bisa secara maksimal menyaring debu dan kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *