Ini Lho Manfaat Dari Catnip Yang Harus Anda Ketahui

Catnip

Catnip merupakan sejenis tamanan mint yang terpercaya mampu meredakan batuk. Tanaman ini dapat anda gunakan untuk meminum teh dan juga sebagai semprotan serangga. Lalu adakah hubungannya tanaman catnip ini dengan kucing? Kucing sendiri mempunyai organ pendeteksi aroma yang biasa disebut kelenjar vomeronasal yang berada di langit – langit mulutnya. Hal tersebut memungkinakn aromanya terkumpul di hidung dan di mulut yang dibawa ke otaknya. Nepetalakton merupakan minyak yang ditemukan di dalam daun tanaman catnip yang dapat merubah pperilaku pada kucing. Lalu pakah aman catnip ini diberikan pada kucing?

 

Catnip ini memicu birahi pada kucing lho

Catnip ini sendiri meniru hormon seks pada kucing sehingga kucing yang menikmati tanaman ini akan sering menunjukkan perilaku yang mirip dengan kucing betina yang sedang birahi. Catnip ini mempunyai efek yang sama baik untuk kucing betina maupun kucing jantan. Perilaku birahi tersebut meliputi tanda – tanda kasih saying, relaksasi dan kebahagiaan. Kucing akan menunjukan perilaku aktif seperti bermain bahkan juga lebih agresif. Secara positif catnip ini juga mampu mengurangi kecemasan dan menghilangkan rasa sakit.

 

Efek samping dari catnip ini sendiri sangat bervariatif untuk setiap kucing. Pada biasanya perilaku tersebut terkait dengan mencium catnip akan berlangsung sekitar 10 menit yang kemudian akan menghilang secara bertahap. Setelah itu seekor kucig membutuhkan waktu sekitar 30 menit agar rentan terhadap efek tersebut. Efek dari catnip ini bisa hilang seiring waktu sehingga anda disarankan untuk menyimpannya pada wadah yang kedap udara agar tetap segar.

 

Catnip ini tidak berbahaya bagi anak kucing lho

Catnip sendiri tidak berbahaya bagi anak kucing akan tetapi kebanyakan kucing tidak akan bereakti terhadap catnip sampai mereka berusia 6 bulan sampai 1 tahun. Bahkan beberapa dari kucing dapat menjadi pengecualian ketika kepekaan mereka meningkat. Selain mencium catnip ini kucing juga dapat menelannya dan catnip ini juga mempunyai manfaat mampu membantu kinerja dari saluran pencernaan kucing tersebut.

 

Tidak hanya terhadap kucing, tanaman catnip ini sebenarnya telah digunakan pada manusia karena sifat anti diarenya. Oleh karena itu sangat disarankan anda untuk mengawasi kucing anda ketika mengkonsumsi catnip ini karena tidak dianjurkan kucing anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak karena mampu menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan tersebut seperti muntah, diare, pusing bahkan kesulitan berjalan bagi kucing anda. Anda dapat menggunakan catnip ini sedikit demi sedikit dan pastinya harus selalu didiskusikan dengan dokter untuk penggunaannya.

 

Catnip segar ini juga mempunyai bau yang lebih kuat dibandingkan dengan catnip kering. sangat dianjurkan untuk menghindari minyak catnip yang sangat pekat karena berpotensi memberikan dampak yang berlebih pada kucing anda.

 

Catnip ini sendiri tersedia dalam bentuk segar, kering, semprotan dan juga mainan yang di isi dengan catnip kering. semprotan catnip sendiri merupakan pilihan yang paling baik untuk kucing yang sakit perut karena menelan tanaman. Anda bisa menyemprotkan ke mainan atau menaburkan catnip kering di pohon ataupun tiang tempat biasa kucing menggaruk dan memainkannya sehingga mampu ditelan ataupun dicium oleh kucing.

 

Untuk harga dar catnip ini sendiri anda dapat melihat di link https://www.blibli.com/jual/catnip. Di link tersebut disediakan banyak sekali jenis catnip yang dapat anda pilih. Dengan harga yang berfariatif dan bersahabat tentunya sangat membantu anda yang sedang mencari tanaman mint untuk kucing anda di rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *