Ini Dia Pola Diet Yang Sehat Dan Benar

Air Putih

Sekarang ini sudah banyak jenis diet yang sedang popular dikalangan masyarakat, semua pola diet di klaim sebagai cara diet sehat benar dan diet sehat yang baik bagi yang berhasil menjalankannya.

Diet kerap diartikan sebagai upaya menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanannya. Itu sebabnya banyak yang beranggapan diet hanya perlu dijalani oleh orang-orang kegemukan yang ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat.

Diet dalam artian sebenarnya bukan semata bertujuan menurunkan berat badan. “Diet” adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang secara harfiah artinya “makanan yang biasa dimakan”. Kata “diet” itu sendiri berakar dari bahasa Yunani Kuno yang artinya “cara hidup”.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin menerapkan diet yang sehat, antara lain :

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Jika Anda tipe orang yang suka mengemil, cobalah tambah konsumsi air putih Anda. Cara diet yang baik ini selain bisa menambah energi saat berolahraga, juga bisa membantu meredakan rasa lapar. Untuk Anda yang suka mengonsumsi minuman manis kemasan, kini saatnya Anda beralih air putih. Menurut beberapa penelitian, minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 24 persen. Hal ini penting bagi Anda yang sedang melakukan diet ketat. Dengan metabolisme yang meningkat, sistem percenaan Anda bisa lebih mudah menyerap nutrisi. Jika Anda merasa bosan dengan rasa air putih, maka Anda bisa mencoba menambah buah dan sayuran untuk menambah rasa. Jenis minuman biasa disebut sebagai infused water. Bahan yang dimasukkan bisa berupa irisan jeruk, raspberry, jeruk nipis, lemon, daun mint, bahkan semangka ke dalam botol air kemudian didiamkan di kulkas.

  1. Kurangi gula dan garam

Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori tinggi sehingga buruk bagi tubuh. Ingat, makanan berkalori tinggi adalah awal mula berbagai masalah kesehatan, dari kenaikan berat badan, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung. Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan kita untuk membatasi porsi gula, garam, dan lemak dengan prinsip G4G1L5 agar lebih mudah diingat. Panduannya yaitu, gula 4 sdm per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan/hari. Sebagai langkah mengurangi gula, Anda bisa mengganti gula pasir atau gula murni dengan pemanis rendah kalori. Pemanis alternatif cenderung lebih aman  bagi kadar gula darah Anda. Dan yang paling penting.

  1. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan

Olahraga adalah cara diet sehat yang paling mudah untuk Anda lakukan. Mengatur porsi makan saja tidak akan sukses menurunkan berat badan jika tidak dibarengi olahraga rutin. Pasalnya, tubuh Anda tetap perlu membakar ekstra kalori yang masuk ke dalam tubuh, sekaligus juga membentuk otot. Kalau bukan dengan olahraga, dengan cara apa lagi lemak tubuh bisa dihilangkan. Jadi, mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari. Nah, untuk memulainya, Anda bisa kok berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah.  Mulai sekarang jadikan pola diet sehat yang benar olahraga sebagai kebutuhan, bukan lagi kewajiban.

Semoga bermanfaat menambah wawasan kita semua. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *