4 Manfaat Masker N95 yang Wajib Anda Tahu

Masker

Sejak merebaknya COVID-19, masker menjadi barang primer yang wajib dibawa kemana-mana. Meski begitu, sebenarnya sejak dulu masker secara umum telah digunakan sebagai pelindung organ pernapasan. Jenis masker N95 menjadi salah satu masker yang cukup terkenal belakangan ini karena manfaat yang dimiliki. Simak empat manfaat utama dari masker ini berikut.

Beragam Manfaat yang Dimiliki Masker Jenis N95

1.Masker Jenis N95 Menyaring Hingga 95% Partikel dari Udara

Sesuai dengan namanya masker ini bisa menyaring partikel-partikel di udara hingga tingkat keakuratan 95%. Masker jenis ini memiliki kemampuan filtrasi yang cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan karena masker jenis ini tersusun lebih dari satu lapisan filtrasi. Udara yang masuk disaring dibeberapa lapisan sesuai hingga tingkat keakuratan mencapai angka 95%.

Tidak salah jika masker ini sangat direkomendasikan untuk digunakan, meski harganya lebih mahal dibandingkan masker bedah ataupun masker kain yang ada di pasaran. Tenaga medis serta pegawai industri di pabrik sangat disarankan untuk menggunakan Masker N95 ini, agar pernapasan anda dapat terjaga dan tidak mudah terpapar material berbahaya ketika bekerja.

  1. Menyaring Partikel Kecil di Bawah 10 PM

Partikel di udara sangat beragam mulai dari berupa padat dan cair, bahkan memiliki ukuran sangat kecil atau dikenal dengan particular matter (PM). Partikel-partikel ini tidak dapat disaring jika Anda hanya menggunakan masker kain biasa karena akan lolos begitu saja. Sehingga perlu kemudian menggunakan masker jenis ini ketika Anda berinteraksi degan hal-hal yang membahayakan pernapasan.

Masker ini mampu menyaring partikel hingga ukuran di bawah 10 PM. Partikel tersebut dapat disaring karena masker ini tidak hanya tersusun atas satu lapisan saja. Beberapa lapisan yang membentuk Masker N95 ini memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda-beda terhadap partikel dengan berbagai ukuran. Udara yang melewatinya akan disaring dan tidak lagi membahayakn tubuh.

  1. Melindungi dari Kabut dan Asap

Manfaat utama masker ini digunakan ketika kondisi berkabut atau berasap yang sangat banyak. Kabut dan asap terdiri dari partikel yang mengandung debu dan material yang mengganggu organ pernapasan. Sehingga, Anda bisa memilih masker yang memiliki daya saring yang sangat tinggi untuk menghindari menghirup udara berbahaya berlebihan.

Partikel berbahaya yang terkandung pada asap dan debu akan disaring dengan sempurna, ketika Anda menggunakan Masker ini. Meski hanya sekitar 95% partikel yang mampu disaring ketika memakai masker ini, setidaknya Anda telah berusaha mencegah agar organ pernapasan terlindungi dari partikel-partikel debu, gas dan zak kimia lainnya pada asap dan debu.

  1. Melindungi dari Virus dan Bakteri

Manfaat terakhir ini yang belakangan sangat ramai di masyarakat. Berbagai jenis masker diproduksi dan digunakan untuk mencegah dan melindungi tubuh terpapar virus dan bakteri. Dua makhluk ini berbeda dengan partikel debu dan asap, karena berupa makhluk hidup. Tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan pernapasan Anda nantinya.

Salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari paparan virus dan bakteri adalah dengan memakai masker ini. Hal ini dikarenakan daya saring dan lapisan pelindung pada Masker N95 sudah tidak dapat diragukan lagi. Sehingga Anda dapat melindungi diri dengan lebih baik lagi dan kesehatan Anda dapat terjaga secara maksimal.

Empat manfaat penggunaan masker jenis N95 di atas dapat menjadi rujukan Anda dalam memilih masker. Tentunya dengan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang sedang Anda hadapi. Jika Anda menjadi pegawai di pabrik industri serta tenaga medis, masker jenis ini sangat disarankan untuk digunakan ketika bekerja sehari-hari agar kesehat Anda terjaga.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *